Cara-Melacak-HP-Hilang-dengan-IMEI

Tak perlu terlalu panik ketika Anda kehilangan HP karena Anda bisa menggunakan cara melacak hp hilang dengan imei. Cari tahu selengkapnya!

Sebagian besar orang akan mengalami kesulitan ketika mereka kehilangan HP dan akan mencari cara melacak HP hilang dengan IMEI. Pada zaman modern dan era teknologi seperti sekarang ini, HP adalah barang yang sangat krusial dan masuk dalam kebutuhan primer manusia modern.

Hampir setiap aspek kehidupan dan akses informasi bisa dengan mudah didapat melalui HP. HP kamu memiliki banyak info penting mulai dari kontak, identitas pribadi dan data perbankan yang banyak tersimpan, sehingga akan sangat krusial untuk menemukan HP yang hilang secepat mungkin.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Anda mungkin masih cukup asing dengan metode pelacakan HP menggunakan IMEI karena yang sudah banyak diketahui adalah cara pelacakan HP melalui Google Maps atau fitur Find My Device. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan susunan angka yang jumlahnya ada 15 digit. Angka tersebut tersedia di dalam perangkat telekomunikasi layaknya HP.

IMEI ini adalah suatu identitas perangkat HP yang khusus dan unik. Masing-masing HP akan memiliki IMEI yang berbeda satu sama lain, dan HP dengan IMEI yang terdaftar akan bisa memanfaatkan layanan seluler di Indonesia.

Dengan menggunakan nomor IMEI yang ada pada perangkat HP, Anda bisa tahu data krusial, misalkan jaringan perangkat, info operator, dan garansi HP. Hal yang paling berguna tentunya adalah cara melacak HP hilang dengan IMEI.

Kamu perlu untuk mencatat dan menyimpan nomor IMEI HP kamu terlebih dulu supaya bisa digunakan kapan pun ketika dibutuhkan. Jika Anda ternyata lupa dengan nomor IMEI HP kamu, maka Anda bisa melakukan pengecekan, akan tetapi semua langkah ini bisa dilakukan sebelum HP Anda hilang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka perangkat HP Anda.
  2. Ketikan *#06# pada menu “Panggilan” atau “Call”.
  3. Cara lainnya, Anda bisa masuk ke menu “About Device” untuk bisa cek dan simpan IMEI HP Anda sejak awal Anda memilikinya, sebagai langkah jaga-jaga jika HP Anda benar-benar hilang.
  4. Saat Anda sudah menemukan nomor IMEI, Anda bisa mendatangi pihak berwajib untuk mengajukan surat keterangan kehilangan.
  5. Setelah itu Anda bisa menghubungi operator seluler agar bisa melakukan pelacakan HP yang hilang.
  6. Selanjutnya Anda perlu mengunjungi gerai operator jaringan yang Anda gunakan.
  7. Di sana Anda bisa meminta diberitahukan lokasi HP yang sedang Anda cari.

Ini adalah langkah yang dinilai mudah karena Anda tidak membutuhkan email. Akan tetapi, salah satu kekurangan dari cara ini adalah HP yang sedang Anda cari tersebut harus dalam kondisi terhubung dengan internet dan fitur GPS yang masih menyala. Otomatis kondisi perangkat dan baterai juga bisa jadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan cara ini.

Jika ternyata HP Anda dalam keadaan mati karena kehabisan daya, maka akan sangat sulit dan bahkan tidak mungkin untuk menerapkan cara ini. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah seperti itu terjadi, akan jauh lebih baik jika metode pencarian HP dengan nomor IMEI dilakukan sesegera mungkin setelah Anda menyadari bahwa HP Anda telah hilang. Sehingga kemungkinan HP Anda bisa ditemukan lebih besar.

Kesimpulan

Itulah ulasan singkat tentang tata cara melacak HP hilang dengan IMEI yang bisa Anda jadikan salah satu jalan alternatif. Semoga dengan ulasan tersebut Anda bisa menemukan HP Anda yang berharga dengan lebih cepat.