Home / Berita / Guru Besar UIN RIL Ajak Mahasiswa Bangga Jadi Bagian MPI

Guru Besar UIN RIL Ajak Mahasiswa Bangga Jadi Bagian MPI

Way Kanan, Humas – Pada kompetisi di dalam dunia pendidikan, ada beberapa hal yang harus ditekankan oleh mahasiswa khususnya program studi Manajemen Pendidikan. Hal tersebut sebagai upaya bekal dalam bersaing di dunia kerja.

Sebagaimana dikatakan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Prof. Dr. Hj. Siti Fatimah, M.Pd program studi S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), ketika sudah lulus mahasiswa harus percaya diri dalam berkompetisi baik di dalam maupun di luar dunia akademik.

Pada Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kompetensi Mahasiswa Program Studi MPISTAI Al Ma’arif Way Kanan, Profesor Siti Fatimah mengatakan bahwasanya mahasiswa MPI harus bisa mengukur diri sendiri, percaya dan sadar diri. Jika tidak mau kalah kompetisi dan tertinggal dari teman yang lain.

“Jika terhadap sesama teman prodi dan antar prodi saja tidak bisa berkompetisi bagaimana mau berkompetisi di luar nanti dengan kampus-kampus yang lain di dunia kerja,” tambahnya di Aula Kampus STAI Al Ma’arif di Bhakti Negara, Rabu, (20/01).

Ada beberapa hal yang harus dibanggakan menjadi bagian dari MPI menurut Prof. Siti, diantaranya; MPI bukan dipersiapkan untuk menjadi seorang guru, melainkan untuk menjadi bagian manajerial. Bukan microteaching tapi microleading, terbiasa berpikir kritis, serta memiliki peran penting untuk lembaga pendidikan.

Selain itu juga di MPI akan berjumpa dengan manajemen dalam dunia pendidikan, manajemen keuangan. Jurusan yang ekslusif sebab tidak di semua kampus ada, dan linier.

Poin-poin tersebut sebagai jawaban beberapa fenomena yang sering menjadi bahan tanya di kalangan mahasiswa. Sebagai mahasiswa yang masih memiliki double orientation, belum memiliki orientasi yang kuat akan masa depan.

Prodi MPI menggelar Diklat Kompetensi Mahasiswa pada Selasa-Rabu, 19 dan 20 Januari dengan menghadirkan pemateri berkompeten, antara lain; Dr. Suwanto, M.Pd.I (Pengawas dan Asesor SMA/MA Provinsi Lampung), Prof. Dr. Hj. Siti Patimah, M.Pd (Guru Besar UIN Raden Intan Lampung Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Islam), Drs. Sulpakar, MM (Kepala Dinas Provinsi Lampung), Enyang Suandi, M.Pd (Pengawas dan Asesor SMA/MA Provinsi Lampung).

Dengan mengusung tema “Menciptakan Generasi Pemimpin Transformatif di Era Revolusi Industri 4.0,” tersebut diharapkan membawa angin segar bagi para mahasiswa dan mendorong semangat civitas akademika guna mengembangkan ide dan kegiatan lainnya. (DSF)

About STAI Maarif Way Kanan

STAI Maarif Way Kanan adalah sebuah kampus yang terletak di Baradatu - Way Kanan. Memiliki Visi yaitu Menjadikan STAI Al-Ma'arif Way Kanan sebagai Sekolah Tinggi yang unggul dan bermutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sarjana Muslim yang Cerdas, berakhlakul karimah dan berdaya saing.

Check Also

MES Way Kanan Adakan Seminar Nasional Ekonomi Syari’ah

  Way Kanan, Humas – Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Kabupaten Way Kanan, menggelar seminar nasional ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *