Home / Berita / Kaprodi Hukum Keluarga Himbau Mahasiswa Optimalisasikan Potensi Bisnis Syari’ah ala Wisata Halal di Way Kanan

Kaprodi Hukum Keluarga Himbau Mahasiswa Optimalisasikan Potensi Bisnis Syari’ah ala Wisata Halal di Way Kanan

 

Way Kanan, Humas – Sebagaimana diketahui dan juga konon katanya bahwasanya Kabupaten Way Kanan memiliki seribu satu air terjun. Oleh sebab itu Ketua Prodi Hukum Keluarga Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Ma’arif Way Kanan, Syaifudin dalam seminar nasional ekonomi syari’ah yang digagas oleh Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Kabupaten Way Kanan di Auditorium kampus setempat, pada Selasa, 05 November 2019, ia mengajak para mahasiswa guna mengoptimalisasikan wisata halal di Kabupaten Way Kanan.

Way Kanan dibawah pimpinan Bupati Raden Adipati Surya dan Wakil Bupati Edward Anthony memiliki visi yakni Way Kanan maju dan berdaya saing. Oleh sebab itu Sayfudin mengajak para mahasiswa untuk membantu mewujudkan visi tersebut melalui wisata halal.

 

Sebagaimana landasan awal ekonomi syari’ah, yakni; muamalah. Ada tiga landasan; yang pertama adalah hablu minallah, yang mana pada dasarnya bahwa bisnis tidak hanya berorientasi pada profit pribadi, akan tetapi harus bisa dirasakan oleh semua lini. Yang artinya dalam hal ini berbisnis harus bersifat jujur dan adil. Ketika kedua hal tersebut mampu dilaksanakan maka bisnis tersebut akan memiliki nilai ibadah.

Lalu yang kedua adalah hablu minannas, dalam hubungan bisnis tentu ada hubungan antara manusia dengan manusia, antara penjual dan pembeli. Lalu yang terakhir muamalah syari’ah yang menghubungkan keduanya.

 

Dalam prinsip berbisnis, Wakil Sekretaris PC LP Ma’arif NU Way Kanan itu menuturkan, harus berpijak pada nilai ruhiyah Islamiyah, memiliki pemahaman terhadap prinsip halal dan haram (unsur hablu minallah dan hablu minannas), mengimplementasikan secara syar’i (terbebas dari unsur gharar), dan tidak hanya berorientasi pada keuntungan duniawi saja, akan tetapi juga ukhrowi (nilai sosial dan ibadah).

“Di Kabupaten Way Kanan banyak sekali peluang bisnis syari’ah, salah satunya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam. Selain tempat wisata yang masih orisinal juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” paparnya.

 

Adapun kebutuhan pokok yang harus dipenuhi guna menyokong wisata halal di Way Kanan, kebutuhan makanan halal dan temlat ibadah (mushola) adalah hal utama yang harus diperhatikan, kamar mandi dan air wudhu, pelayanan ramadhan, pencantuman lebel non-halal (jika ada makanan yang tidak halal), serta fasilitas rekreasi yang bersifat privat.

 

 

Pewarta dan Editor : Disisi Saidi Fatah (@pecandusastra96)

 

About STAI Maarif Way Kanan

STAI Maarif Way Kanan adalah sebuah kampus yang terletak di Baradatu - Way Kanan. Memiliki Visi yaitu Menjadikan STAI Al-Ma'arif Way Kanan sebagai Sekolah Tinggi yang unggul dan bermutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sarjana Muslim yang Cerdas, berakhlakul karimah dan berdaya saing.

Check Also

Jelang UTS, IPNU IPPNU STAI Al Ma’arif Gelar Istighosah

Way Kanan, Humas – Dalam rangka menyongsong ulangan tengah semester (UTS) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *