Home / Artikel / Mahasiswa Baru, di Lingkungan Baru

Mahasiswa Baru, di Lingkungan Baru

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU!

Slogan ini selalu digunakan oleh beberapa Universitas saat masuknya tahun akademik baru. Biasanya dipajang dengan banner yang besar di depan gerbang utama kampus.

Mahasiswa baru atau lebih ngetrend dengan sebutan maba ini biasanya jadi santapan enak oleh kakak tingkatnya. Gimana engga, anak polos yang baru saja lepas dari seragam ini sering di cengcengin oleh seniornya. “Yang itu cantik loh!!”, “Tuh tuh ganteng!.”

Menjadi mahasiswa emang menyenangkan, karena kita udah sampe di tingkat akhir pendidikan. Namun, harus pandai dalam beradaptasi di lingkungan baru, apalagi jika kita berasal dari luar daerah bahkan luar pulau. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menjaring teman baru saat menjadi maba.

Say hi! Turunkan ego dan cobalah menyapa teman yang berada di dekatmu. Walau kedengarannya sok asik, tapi cara ini ampuh untuk mendapatkan teman baru di kampus. Jangan lupa dapatkan kontaknya segera, agar besok kau tidak sendirian di tengah kerumunan maba lainnya.

Aktif. Banyak sekali pendapat tentang bagaimana seorang maba harus aktif. Di setiap universitas banyak sekali lembaga kegiatan yang dapat menyalurkan bakat dan minat dari mahasiswanya. Coba pilih dari banyak organisasi itu, dan temukan karakter orang yang berbeda. Lembaga juga bisa membentuk karakter seseorang. Berbagai kegiatan di dalamnya, akan membentuk pola pikir dengan sendirinya.

Kepo. Asahlah otak dengan mengetahui berbagai isu terbaru di kampus, atau apapun yang ada di sekitarnya. Banyak mahasiswa yang suka membahas tentang politik kampus atau hal lainnya. Jika mengetahui tentang hal itu, bisa saja kamu masuk ke obrolan mereka.

Jadi, sudah siapkah datang sebagai mahasiswa baru? (Muthia/SM)

About STAI Maarif Way Kanan

STAI Maarif Way Kanan adalah sebuah kampus yang terletak di Baradatu - Way Kanan. Memiliki Visi yaitu Menjadikan STAI Al-Ma'arif Way Kanan sebagai Sekolah Tinggi yang unggul dan bermutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sarjana Muslim yang Cerdas, berakhlakul karimah dan berdaya saing.

Check Also

Tak Hanya Akademik, Mahasiswa Juga Penting Raih Prestasi Non-Akademik

Mahasiswa jangan hanya mengejar prestasi di bidang akademik. Namun cobalah untuk mengukir prestasi di luar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *