Home / Berita / STAI Al-Ma’arif Way Kanan Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI

STAI Al-Ma’arif Way Kanan Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI

WAY KANAN, HUMAS – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan melakukan evaluasi kurikulum Tahun 2019. Evaluasi ini merupakan kewajiban setiap perguruan tinggi di Indonesia sebagaimana diwajibkan dalam Standar Nasional Perguruan Tinggi untuk melakukan evaluasi kurikulum setiap lima tahun.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 serta perpres nomor 8 tahun 2012 maka dalam penyusunan dan pegembangan kurikulum perguruan tinggi harus mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yaitu kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan terus berupaya untuk berbenah diri untuk lebih baik dan lebih maju. Salah satu upaya tersebut dengan menggelar Workshop Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 07-09 Oktober 2019,” terang Wakil Ketua 1 STAI Al-Ma’arif Way Kanan, Enyang Suandi,M.Pd, dalam sambutannya di Aula Kampus STAI Al Ma’arif, Senin, (7/10/2019).

Pelaksanaan workshop ini melibatkan unsur pimpinan, Staf dan Kaprodi MPI, PGMI, PIAUD , Hukum Ekonomi Syariah & Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyyah) juga melibatkan beberapa calon Kaprodi baru yaitu prodi Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syari’ah, Tadris Bahasa Ingris & Tadris Bahasa Arab. Mereka dibimbing untuk menyusun dan mengevaluasi kurikulum yang ada. Kurikulum yang disusun ini berbasis utama sebagai kampus Nasionalis Islamis yang disesuaikan dengan revolusi industri 4.0 di setiap program studi.

 

 

Sementara itu dalam sambutanya, Ketua STAI Al-Ma’arif Way Kanan, Wakidi, S.Pd.I., M.M.Pd menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan awal dalam upaya untuk meningkatkan kualitas STAI Al-Ma’arif Way Kanan.

“Salah satunya harus ada penyamaan persepsi dan penataan Mata Kuliah Umum. Kemudian sesuai dengan peraturan terbaru, maka penyusunan kurikulum harus berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),” ujarnya.

Ketua STAI Al-Ma’arif Way Kanan Juga tengah mengembangkan sistem tatakelola, sistem informasi. “Termasuk pembenahan sarana prasarana sebagai pendukung mutu pembelajaran sekaligus persiapan alih status PT dari Sekolah Tinggi Agama Islam menuju Institut Agama Islam,” pungkasnya. (Disisi Saidi Fatah)

About STAI Maarif Way Kanan

STAI Maarif Way Kanan adalah sebuah kampus yang terletak di Baradatu - Way Kanan. Memiliki Visi yaitu Menjadikan STAI Al-Ma'arif Way Kanan sebagai Sekolah Tinggi yang unggul dan bermutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sarjana Muslim yang Cerdas, berakhlakul karimah dan berdaya saing.

Check Also

Kaprodi Hukum Keluarga Himbau Mahasiswa Optimalisasikan Potensi Bisnis Syari’ah ala Wisata Halal di Way Kanan

  Way Kanan, Humas – Sebagaimana diketahui dan juga konon katanya bahwasanya Kabupaten Way Kanan memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *